Menghadapi Proyek Akhir

Rabu, 01 Mei 2013

1. Matengin Konsep dengan Panduan Referensi 

Jangan pernah takut untuk terus minamba ilmu, jangan hanya berpandang kepada jendela mbah google aja. Tapi juga harus berpanduan pada buku. Yang saya dapat pelajari adalah banyak baca maka kita akan memperluas pengetahuan dan juga berbagai sudut pandang dari permasalahan yang sama. Jadinya kl di tanya orang lain kita dapat memberi pemahaman tentang pendapat orang besar yang sudah di akui kebenarannya. Kalau alasan malas baca buku karna takut beli buku, kamu bisa memanfaatkan perpustakaan. Mulai dari perpustakaan kampus sendiri, kampus lain maupun perpustakaan daerah. Banyak jalan menuju roma selagi ada kemauan saudara :))

2. Belajar Jangan Selalu Sendiri

Nah, kl ini memang terkadang kita ga bisa selalu sendiri. Percaya diri boleh, tapi apa ga mau lagi denger opini atau masukkan dari temen-temen. Kata ibu super yang ada di meja Ka.Prodiku "Terkadang kalau sudah PA begini udah ga mau lagi denger pendapat orang lain, padahal siapa tau aja guyonan temen itu bisa jadi masukan yang bermanfaat untuk kita". Bener-bener masukan yang bermanfaat untuk kita, terkadang juga dalam menyelesaikan suatu masalah kita butuh orang lain untuk sekedar sharing ataupun curhat tentang apa aj yang mengganjal difikiran. Jangan pernah takut ataupn gengsi untuk mendengarkan pendapat seseorang tanpa memikirkan dia lebih atau tidak lebih penter dari kita. Belajar untuk rendah diri, berfikir positif dan saling menghargai sob :))

3. Jangan Lupa Makan


Ga rugi-rugi banget kok untuk menyisihkan sedikit waktu untuk makan. Soalnya kebiasaan anak-anak tingkat akhir ini suka lupa waktu buat makan. Bilangnya sih diet tp kl mengakibatkan sakit gmna? bahaya lho.. jangan lupa sesekali sisihin uang buat beli buah, biar lengkap lah vitamin yang kita perlukan untuk kerja ekstra. Bagi kamu yang kurang biasa dengan Derita Mahasiswa yang suka lembur sampe malem, baiknya minum tambahan vitamin atau suplement untuk menambah anti body biar ga cepet sakit.

4. Berpikir Postif

Kamu pernah denger kekuatan pikiran?? yap, tepat banget... kekuatan pikiran itu berawal dari pikiran positif yang meyakinkan diri sendiri kalau ga ada yang ga mungkin dan kita pasti bisa untuk melakukannya selagi masih mempunyai semangat. dan saya pernah membuktikannya lho :'D ... Makanya bener-bener luar biasa kekuatan pikiran itu. Makanya kita harus selalu menjaga pikiran supaya ga diisi dengan pikiran negatif... Yang tau caranya ya kamu sendiri, karna yang membangun semangat dan pemikiranmu hanya kamu sendiri. :))

5. Jangan Terlalu Kejam dengan Jiwa dan Raga

Sayangi diri sendiri baru sayangi orang lain. Mungkin itu sedikit pas untuk selogannya ya. Otak juga bisa capek untuk berfikir kali ya. Terkadang yang saya rasakan ketika memikirkan masalah rumah tangga yang gak kelar-kelar #eh... Pasti kepala terasa sakit dan pusing, coba untuk ditenangin pikiran. Pembayangannya seperti ini " Ketika kamu terjebak macet menuju pulang dari jalan jauh di tengah malam, apa yang harus kamu lakukan??" yap, mungkin kita sepemahaman. Saya lebih memilih untuk mencari tempat peristirahatan yang aman dan nyaman. Keesokan pagi atau subuh jika keadaan memungkinkan baru melanjutkan perjalanan. Karna jika kita terus memaksakan, selain mengundang emosi yang menyeramkan. Juga mengundang rasa lelah karna berjalan sedikit dan mengerem. Segala sesuatu yang dipaksakan itu biasanya kurang baik hasilnya bro :D

6.  Waktu Tidur yang Cukup

Yah, kl memang terpaksa harus ngelembur sampe subuh biar besok paginya tetep tampil kece. Jangan lupa atur tidur dengan cermat. Tidur siang dulu beberapa jam mungkin bisa ngebantu untuk tetep keliatan kinclong mukanya. bagusnya sih ya jam 21.00 udah tidur tar bangun jam 01.00 atau jam 02.00 baru ngerjain sampe subuh. Karna kl ga salah baca, ada artikel yang mengulas tentang puncak rasa lelah kita itu kisaran jam 21.00-01.00. Inget kl memang parah banget minimal tidur sehari itu 3-5jam dalam waktu 24jam. :)) kelamaan tidur juga gak baik lho.. Jadi yang normal-normal aja yak :D

7. Orang Hebat
Kamu tau ga? orang hebat itu pernah gagal ga? Ya jelas pernah lah... Memang dia dewa, nah makanya aku simpulkan " Orang hebat itu bukannya ga pernah gagal, tapi ketika gagal dia bisa mengolah diri untuk mencoba bangkit kembali" kalian pasti sering denger deh kalau "Kegagalan wal dari keberhasilan" ya, soalnya orang mana sih yang melakukan hal yang sama dengan sengaja secara berulang?? kecuali orang itu punya motivasi atau maksud tersirat dari kelakuan nya itu :))

8. Adu Pikiran

Selain kita sharing sama temen, penting juga kita curhat ke dosen atau orang yang berpengalaman dibidangnya. Siapa tau punya sudut pandang yang berbeda dan malah dasar pemikiran itu jauh lebih baik. Waktu kemarin aku ngerjain PA sendiri berkutat dengan tumbukan buku dan membabibuta untuk terus mengerti bahasa buku yang udah melalui beberapa kali refisi dan buku terjemahan itu. Pusing? pasti.. berasa didunia ini cuma kita yang punya masalah. hahaha ... sampai akhirnya sahabatku memberikan masukan yang bener-bener mengubah segalanya.. hahaha lebay :D .. dia bilang "Udah deh ga usah terlalu berlebihan, mending kamu tanya aja sama dosen..." tapi bukan kalimat itu yang menyentak hati saya. Tapi kalimat selanjutnya "Biarin aja kamu keliatan ga ngerti apa-apa sekarang, tapi nantinya kamu jadi ngerti sebelum ini jadi lebih jauh " Wah bener juga ya, jadi diri sendiri apa adanya aja deh :))

9. Ibadah

Tanpa banyak omong lagi. Pasti dalam agama apapun juga mengajarkan kita untuk selalu dekat dan berpanutan pada ajaran-ajaran agama yang dipercaya. Sesungguhnya agama manapun pula saya yakin tidak ada yang mengajarkan keburukan. dan pasti selalu memberikan kenyamanan, pencerahan dan bimbingan rohani yang menyejukkan hati. Dalam agama saya yaitu Islam, mengajarkan untuk selalu berdoa dalam setiap sujud. Ketika kita merasa jatuh, maka berwudhulah. Ga ada yang lebih hebat dari curhatan pada setiap shalat kita, lebih baik lagi tambah shalat malam dan shalat sunnah nya. :)) 

10. Manjakan Diri
Coba cari waktu yang pas untuk berlibur memanjakan diri. Kamu yang tau diri kamu gimana, jadi ketika mendapatkan kesempatan untuk libur. Pergunakan waktu itu sebaik baiknya, kl aku sih ketika liburan lebih memilih untuk traveling :3 menikmati keindahan alam yang ga akan ada abisnya. Cita-cita pengen keliling seluruh pulau di Negara tercinta Indonesia. Sebelum akhirnya ke Negri tetangga :D ... ini ekspresiku, lantas apa ekspresimu ? :))

Udah dulu ya, mau ngerjain Class Diagram dulu. okee ... I'm ready back to work \(*o*)/ Yeaaayy









0 komentar:

Posting Komentar